Petani karet kini menikmati hasil yang cukup membantu perekonomian keluarga, bahkan hasil yang di dapat saat ini lebih dari cukup untuk ukuran kepemilikan satu kapling ( kurang lebih 2 Ha ). bisa dibayangkan sebuah perkebunan karet yang memiliki ribuan ha, sudah pasti meraup keunhtungan yang kian melambung.
latex
mushroom
rubber tapping
latex cup
waste water treatment
oil palm
weeds
rubber tree

Jumat, 12 Agustus 2011

Pembuatan Bibitan (Nursery) karet

Pembuatan bibitan karet pada masa sekarang umumnya dilakukan melalui 2 cara yaitu:
1. Ground Nursery
Adalah pembibitan dimana biji karet dari persemaian langsung di tanam ke tanah, dan sesudah mencapai umur tertentu tanaman tersebut diokulasi.
Setelah okulasi berhasil, tanaman dicabut dan kemudian ditanam lagi ke dalam polybag, Dari tanaman polybag tersebutlah dihasilkan bibit yang siap untuk ditanam langsung ke lapangan, saat penanaman tentu saja bibit harus sudah memenuhi syarat dan kriteria tertentu.

2. Polybag Nursery.
Berbeda dengan polybag langsung, pada system pembibitan ini, biji yang sudah di semai langsung di tanam ke dalam polybag, sesudah memenuhi kriteria tertentu, tanaman kemudian di okuasi. Dan dari hasil okulasi tersebut, tanaman bisa dilangsung ditanam ke lapangan sesudah memenuhi syarat dan criteria tertentu.

Okulasi (budgrafting) cangkok (marcotting) stum mata tidur (budded stum) menurut penelitian clone avros 2037 dan GT1 memiliki kompatibilitas yang paling tinggi untuk di okulasi (sebagai batang bawah), okulasi dini (2 – 3 bulan) okulasi hijau (4 – 6 bulan) okulasi coklat (8 – 10 bulan)

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls