Petani karet kini menikmati hasil yang cukup membantu perekonomian keluarga, bahkan hasil yang di dapat saat ini lebih dari cukup untuk ukuran kepemilikan satu kapling ( kurang lebih 2 Ha ). bisa dibayangkan sebuah perkebunan karet yang memiliki ribuan ha, sudah pasti meraup keunhtungan yang kian melambung.
latex
mushroom
rubber tapping
latex cup
waste water treatment
oil palm
weeds
rubber tree

Kamis, 26 Maret 2009

GPS UNTUK PENGUKURAN

Seperti posting saya terdahulu bahwa penggunaan alat GPS bisa juga untuk melakukan pengukuran, maka pada posting kali ini akan kita bahas mengenai cara pengukuran suatu areal menggunakan alat GPS. Prinsip kerjanya, alat ini sewaktu kita gunakan (menggunakan bantuan satelit tentunya)akan memberikan informasi kepada kita tentang posisi koordinat dimana GPS berada di muka bumi, ketinggian dari permukaan Laut, kecepatan bergerak dan lain-lain.

Pada saat kita menggunakan alat GPS dan kita dalam posisi bergerak, maka secara otomatis alat GPS akan memberikan jejak/trach, way point, kecepatan bergerak dan juga kompas digital yang hanya akan bekerja sat kita bergerak.

untuk keperluan pengukuran, dari track yang tergambar pada alat GPS itulah yang akan kita olah sehingga informasi seperti ; Luas, keliling panjang suatu tempat akan bisa kita hitung.

Dalam penghitungan, pada alat GPS terkadang sudah bisa untuk mengukur jarak dari suatu tempat/titik ke tempat/titik lain. Akan tetapi untuk pengukuran luas dan pengukuran yang lain, kita perlu menggunakan bantuan computer untuk mengerjakan pekerjaan ini. ada beberapa software yang bisa dipakai, untuk kesempatan ini kebetulan saya menggunakan program Mapinfo.

Program tersebut selain bisa untuk pengukuran data tersebut diatas, bisa juga menyajikan data, sortir data dan lain lain sehingga sangat berguna untuk kita yang bekerja menggunakan peta sebagai salah satu alat analisa dan pendukung data.

Sekian dulu posting kali ini ya, untuk pengukuran lebih lanjut insyaAllah akan kita bahas pada posting selenjutnya.

2 comments:

Muahammad Iqbal mengatakan...

Tq banget pak Timabl atas informasinya
sukses selalu pak Timbal

Timbal Suyanto mengatakan...

Sama-sama Pak, terima kasih juga atas kunjunggannya, mudah-mudahan ada manfaatnya

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls