Petani karet kini menikmati hasil yang cukup membantu perekonomian keluarga, bahkan hasil yang di dapat saat ini lebih dari cukup untuk ukuran kepemilikan satu kapling ( kurang lebih 2 Ha ). bisa dibayangkan sebuah perkebunan karet yang memiliki ribuan ha, sudah pasti meraup keunhtungan yang kian melambung.
latex
mushroom
rubber tapping
latex cup
waste water treatment
oil palm
weeds
rubber tree

Selasa, 20 September 2011

Latex Diagnosis


Dalam tubuh manusia, analisa terhadap komposisi biokimia (gula, kolesterol, Ca2+ dll) dalam darah atau cairan fisiologis lain juga aktivitas emzym memiliki kontribusi yang besar untuk mengetahui kesehtan total manusia. Pada tanaman karet, metoda yang sama bisa dilakukan terhadap cytoplasma latex. Dipercaya bahwa analisa terhadap beberapa parameter biokomia dan biofisika bisa menyajikan data yang sangat berguna untuk mengetahui kesehatan dalam system pembukuh latex.

Diagnosa latex diakukan dengan jalan menganalisa beberapa komponen kandungan latex. Type diagnosa ini tisdak bisa dianggap sebagai angka mutlak atau sebuah analisa ndipenden tetapi harus mempertimbangkan data ekoklimat (ketersediaan air, aktifitas fotosintesa) jenis kulit yang di sadap ( kulit perawan, kulit pulihan bagus/jelek) dan juga dipengaruhi oleh kesehatan tanaman ( akar, posisi panel sadap,dan keadaan daun). Diagnosa harus bermanfaat untuk optimalisasi exploitasi lateks pada pohon karet, akan tetapi menghindarkan pemerasan terhadap system pembuluh latex. Dengan kata lain bisa diartikan bahwa kenaikan produksi latex tanpa resiko perusakan tanaman karet.

Disebutkan diatas bahwa dalam darah manusia yang biasa dianalisa adalah kadar gula, kolesterol dll, maka di dalam latex kita analisa antara lain Pi, Mg2+, thiol, dan kadar sucrose.Untuk lebih lengkapnya tenang diagnoa latex ini akan saya sajikan pada posting berikutnya.



0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls